Usai Sholat subuh berjamaah Kapolda Riau Gelar jumat Curhat di Mesjid Al-Hijriah Dumai



Dumai -( otdariau) Dalam rangka Cooling System guna mewujudkan Pemilu Damai 2024 di Provinsi Riau, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, S.I.K, M.H menggelar Jumat Curhat di Masjid Al-Hijriah Jalan Gunung Bromo Kelurahan Bumi Ayu Kecamatan Dumai Selatan, Jumat (12/1/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Dumai H. Paisal, SKM, MARS, Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si, Dandim 0320/Dumai Letkol (Inf) Antoni Tri Wibowo, Palaksa Lanal Dumai Letkol Laut (PM) Priatno, S.H, M.H, Dansat Radar 232 Kota Dumai Letkol (Lek) Rumanto Gunardi, Dan Den Arh Rudal 004 Dumai Kapten (Arh) Heris Adi Ratno, Forkopimda Kota Dumai, Tokoh Masyarakat Kota Dumai H. Timmo Kipda, Ketua Pengurus Masjid Al – Hijriyah H. Asnam, S.T, M.Si, Jemaah Masjid Al Hijriyah dan para Pejabat Utama dan Personil Polda Riau dan Polres Dumai lainnya.

Mengawali kegiatannya di Kota Dumai, Kapolda Riau menunaikan ibadah Salat Subuh Berjemaah. Dalam suasana penuh ketenangan usai salat berjemaah, Kapolda Riau bersilaturahmi, berdiskusi dan saling bertukar informasi dengan jemaah Masjid Al-Hijriah melalui pelaksanaan Jumat Curhat.

Dengan semangat Polri Presisi dan rasa tulus ikhlas mengabdi, Polda Riau dan Polres Jajarannya rutin menggelar Salat Subuh, Magrib dan Isya Berjemaah dalam rangka Cooling System guna memakmurkan masjid, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sebagai wujud komitmen Polres Dumai selalu hadir untuk masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk spiritualitas.

Dengan penuh senyum kehangatan, Kapolda Riau mendengarkan curahan hati dan aspirasi masyarakat Kota Dumai seputar situasi Kamtibmas di Kota Dumai dan berbagai keluh kesah lainnya.

Dialog antara masyarakat dengan Kapolda Riau berjalan akrab dan cukup hangat. Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, S.I.K, M.H menanggapi pertanyaan masyarakat terkait permasalahan yang terjadi dan memberikan solusi hingga bantuan sesuai tugas dan tanggungjawab Kepolisian.

Kapolda Riau juga menyampaikan pesan penting terkait Pemilu Damai 2024. Dirinya berharap agar seluruh masyarakat dapat bersama-sama peduli terhadap sesama dan lingkungan serta menjaga situasi Kamtibmas tetap aman, damai, tertib dan kondusif di Provinsi Riau menjelang, saat dan pasca Pemilu 2024 mendatang tanpa isu negatif, berita bohong (hoax), ujaran kebencian dan isu SARA serta menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024 mendatang dengan bijak untuk kemajuan Indonesia.

Berbagai program terus dilaksanakan sebagai wujud upaya Polri dalam menyampaikan himbauan dan pesan damai dalam rangka cooling system atau sistem pendingin guna mencegah timbulnya konflik atau ketegangan menjelang Pemilu 2024 yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

Irjen Pol Mohammad Iqbal, S.I.K, M.H juga menyoroti pentingnya menjaga semangat kebersamaan dan menghormati berbagai perbedaan khususnya perbedaan pendapat dan atau pilihan politik. Kapolda Riau juga mendorong partisipasi dan keterlibatan aktif seluruh masyarakat dalam menyongsong Pemilu 2024.

Tak hanya menerima sesi tanya jawab melalui kegiatan tersebut, untuk mendengarkan dan menampung seluruh masukan, saran, keluhan ataupun aduan dari masyarakat serta memberikan solusi melalui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, Kapolda Riau juga memperkenalkan program inovasi milik Kapolres Dumai yang menyediakan layanan aduan yang langsung terhubung dengan Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si melalui WhatsApp di nomor 0821-9819-8154.

“Silahkan hubungi ataupun sampaikan pengaduannya secara langsung melalui WhatsApp pengaduan dengan nomor 0821-9819-8154. Seluruh masyarakat Kota Dumai dapat menyampaikan keluhan terkait apapun, mulai dari gangguan Kamtibmas hingga yang membutuhkan bantuan ataupun penanganan segera. Tak hanya itu, seluruh masyarakat juga dapat menginstal Aplikasi ‘Polri Super App’ di Play Store ataupun App Store dan menghubungi Layanan Call Center Polri Polres Dumai (0765) 110 yang selalu tersedia selama 24 jam dan dapat diakses secara gratis untuk mendapatkan kemudahan layanan lainnya,” ungkap Kapolda Riau.

Kapolda Riau juga meminta masyarakat untuk bersama-sama mendukung dan mendo’akan agar seluruh tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Kemudian sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai dalam menyongsong pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2024, Kapolda Riau juga memberikan santunan zakat profesi berupa paket sembako kepada 50 orang yang berhak dengan pemberian secara simbolis kepada 10 orang perwakilan masyarakat sekitar. Kapolda Riau juga memberikan cenderamata kepada Imam Masjid dan para Pengurus Madjid Al-Hijriah.

Pantauan dilapangan, kegiatan Cooling System melalui salat subuh berjemaah keliling ini bukan hanya melaksanakan ibadah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta memakmurkan masjid, tetapi juga menjadi momen untuk mempererat hubungan dan kedekatan Kepolisian dan masyarakat. Dengan menyebar ke beberapa masjid untuk menunaikan ibadah salat subuh, magrib dan isya berjemaah, Kapolda Riau ingin memastikan pesan-pesan keamanan dan persatuan dapat disampaikan secara langsung kepada sebanyak mungkin masyarakat Provinsi Riau. Sebuah langkah inovatif ini diharapkannya mampu membawa berbagai dampak positif khususnya dalam membangun kepercayaan dan kerjasama antara Kepolisian dan masyarakat. ( ontuo daus)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours