Buka Musrenbang Kecamatan Kampa, Pj Bupati Kampar Berharap program Prioritas Desa yang diusulkan Berorientasi pada kepentingan masyarakat

Kampa -( otdariau) Pj Bupati Kampar H. Hambali, SE, MH membuka secara Resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Perdana di Kecamatan Kampa Tahun Anggaran 2025, dalam Rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2025, yang diselenggarakan di Aula Kantor Camat Kampa, Senin (22/1/2024).

Musrenbang di Pimpin oleh Pj Bupati Kampar didampingi oleh Kaban Bappeda Ardi Mardiansyah, S.STP, Asisten II Suhermi, Anggota DPRD Edi Afrizon, Anggota DPRD Haswinda, Camat Kampa Rahmat Fajri, S.STP serta dihadiri oleh seluruh Kepala OPD, seluruh Kepala Desa Se Kedamatan Kampa dan Ninik Mamak, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tamu undangan lainnya.

Musrenbang adalah forum antarpelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan Nasional dan rencana pembangunan Daerah. Dalam Pasal 11 UU tersebut disebutkan bahwa Musrenbang diselenggarakan dalam rangka menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP).

Dalam arahannya, Pj Bupati Kampar H. Hambali, SE, MH bahwa Musrenbang Kecamatan ini merupakan bagian dari proses Perencanaan Pembangunan yang sedang kita susun untuk tahun 2025 mendatang.

“Untuk itu, agenda Tahunan ini jangan di dipersepsikan sebagai acara seremonial saja , namun melalui forum ini akan membahas dan menyepakati setiap yang kegiatan yang diusulkan oleh desa, dari setiap usulan dari desa, ada 1 setiap desa yang di Realisasikan sesuai dengan anggaran dan regulasi yang ada.”ungkapnya.”

Dalam laporan Pak Camat tadi, saya berharap Kadis Perdagangan bertindak bagaimana UMKM Lopek Bugi Kecamatan Kampa ini bisa Masuk di Res Area jalan Tol Pekanbaru-XIII Koto Kampar.

“Saya berharap nanti dibuka nya rest Area Tol Pekanbaru- XIII Koto Kampar semua UMKM Yang ada di Kecamatan Kampa di tonjolkan disana.”ungkapnya.”

Ia juga mengatakan, dalam pengembangan UMKM ini harus kita berfikir bagaimana bisa Membumingkan, seperti Pasar Durian di simpang Pulau Rambai, itu harus di tata betul-betul supaya masyarakat dari luar dapt berkunjung ke pasar durian ini.

“Untuk itu, terkait Pariwisata dan UMKM serta Infrastruktur di Kecamatan Kampa ini untuk dapat membuat inovasi bagaimana bisa melakukan kemajuan, nanti berkordinasi langsung ke OPD terkait.”ungkapnya.”

Pj Bupati Kampar juga tegas, dalam perkembangan Zaman ini digunakan Media digital untuk mengembangkan UMKM dan Pariwisata kita sehingga Ekonomi Masyarakat meningkat serta kesehahteraan masyarakat. Pj Bupti juga mengingatkan, Perumusan maupun penetapan program prioritas kecamatan nantinya, harus benar – benar mampu menjawab permasalahan serta mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan ini

“Oleh Karena itu, kami berharap dukungan dari semua pihak, mudah-mudahan dengan niat yang baik Kabupaten Kampar akan semakin Melaju dengan segala Aspek.”tutupnya.”

Dalam laporannya, Camat Kecamatan Kampa Rahmat Fajri, S.STP mengucapkan selamat datang dan mengucapkan ribuan terimakasih yang mana Hari Pertama Musrenbangcam bertempat di Kecamatan Kampa. Semoga kita semua dapat mengawal bagaimana di Kecamatan Kampa semua Sektor dapat mensejahterakan Masayarakat Kampa khususnya.

Dapat kami laporkan bahwa , yang hadir dalam musrenbangcam ini ada 9 Kepala Desa (lengkap) dan tokoh masyarakat yang ada di Kecamatan Kampa.

“Tentunya sebelum Musrenbangcam, kami telah melaksanakan Pramusrenbang tanggal 19 Januari 2024, dalam musyawarah ada 158 usulan yang mana setiap Desa mengusulkan 5 program Prioritas.”ungkapnya.”

Ia juga mengatakan, melihat perkembangan kedepn, tentunya harapan kami dengan adanya jalan Tol Pekanbaru-XIII Koto Kampar untuk dapat melibatkan UMKM kami dari Kecamatan Kampa seperti Lopek Bugi dan kami berharap dari semua sektor seperti infrastruktur jalan dan Objek dapat berjalan dengan baik Pemeliharaannya.

“Untuk itu, dalam musrenbangcam ini semoga setiap desa dapat terealisasikan Prioritasnya.”tutpnya.”

Dalam hal tersebut, Putra terbaik Kecamatan Kampa dan juga sebagai Anggota DPRD Kampar Edi Afrizon mengatakan bahwa Atas nama masyarakat mengucapkan terimaksih kepada Pemerintah Daerah yang telah mengisi dikecamatan kampa.

“untuk pembangunan berikutnya kita berharap dan kami mendorong usulan pembangunan ini tidak menumpuk, dan berharap tidak membangun Fisik saja tetapi membangun Non Fisik seperti membangkitkan ekonomi masyarakat dibidang UMKM tentunya.”ungkapnya.”

Maka harapan kami kepda kepala Desa , kita memperhatikan adat istiadat seperti basiacung serta periwisata kita, saya berharap di Kecamatan Kampa dapat terealisiasikan.

Ia juga mengatakan, Dalam musrenbang ini kita bersama sama Menbangun Desa yang dominan membangkitkan ekonomi masyarakat dan memperbaiki Infrastruktur seperti beberapa Kantor Desa yang tidak layak dan pembangunan jalan, ini mejadi sebagai prioritas tahun lalu akan tetapi belum terealisasikan sampai hari ini.

Dalam musrenbang ini, dengan beberapa usulan nantinya disetiap desa, untuk dapat betul betul prioritas, semoga ini menjadi pehatian kita bersama untuk selalu membangun desa yang baik tentunya”

Kami berharap kepada Pemerintah Daerah, dapat mengambil 2 atau 3 Prioritas Pembangunan di Desa, Supaya masyarakat dapat merasakan serta kemakmurannya bertempat tinggal disana.”tutupnya.”
( ontuo daus)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours