Kabag SDM Polres Kuansing hadiri upacara hari lahir pancasila di lapangan limuno tahun 2024

KUANTANSINGINGI,( otda riau) Kabag SDM Polres Kuansing Kompol Y. Emanuel Bambang Dewanto, SH., wakili Kapolres Kuansing dalam Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”. Pada hari Sabtu, (1/6/2024) pukul 08.00 WIB, bertempat di Lapangan Limuno, Kabupaten Kuantan Singingi.

Upacara tersebut dipimpin oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, dr. Fahdiansyah, S.Pog. Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat dan tokoh penting, di antaranya Kapolres Kuansing yang diwakili oleh Kabag SDM Polres Kuansing, Kompol Y. Emanuel Bambang Dewanto, SH., Kajari Kuansing yang diwakili oleh Kasubsi A pada Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi, Hanung Danu Putranto, SH., Dandim 0302/Inhu – Kuansing yang diwakili oleh Danramil 02, Kapten Inf. J. Sihombing, Ketua Pengadilan Negeri Teluk Kuantan yang diwakili oleh Hakim Timothee Kencono Malye, SH, Ketua Pengadilan Agama Kuansing, Niva Resna, S.Ag, Sekretaris DPRD Kabupaten Kuansing, Drs. Napisman, Kalapas IIB Teluk Kuantan yang diwakili oleh Kasi Keamanan dan Ketertiban Lapas IIB Teluk Kuantan, Nepri Mustami, Ketua TP PKK Kabupaten Kuansing, Yulia Herma Suhardiman Amby, Para Asisten Pemda Kabupaten Kuansing, Para OPD Pemda Kabupaten Kuansing, Para Kaban dan Kadis Pemkab Kuansing, Para Pimpinan Bank dan Para Camat se-Kabupaten Kuansing.

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, M.H, melalui Kabag SDM Polres Kuansing, Kompol Y. Emanuel Bambang Dewanto, SH., mengatakan, “Dalam amanat Inspektur Upacara menyampaikan bahwa pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI),”

Peringatan tahun ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”, yang mengandung makna bahwa Pancasila menyatukan kita dalam perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa, dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Penjabat Sekretaris Daerah juga menekankan bahwa keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, mengandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika. Pancasila harus senantiasa dijiwai dan dipedomani agar menjadi ideologi yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia.

Lebih lanjut, dalam amanatnya juga disampaikan bahwa perkembangan situasi global dan kemajuan teknologi komunikasi menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia, sehingga Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Dengan semangat Pancasila yang kuat, diharapkan seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia dapat diatasi, terlebih di tengah krisis global yang terjadi. Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.

“Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila ini, diharapkan kita semua dapat bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan ini dapat memompa semangat kita untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkas Kabag SDM.( ontuo daus)

Sumber: Humas Polres Kuansing

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours