Didominasi SMA negeri, Hari kedua PPDB SMA/SMK, Pendaftaran Capai 67.855 Peserta

Pekanbaru  ( otda riau) Memasuki hari kedua pelaksanaan PPDB online tingkat SMA dan SMK Negeri Riau tahun 2024 sejak tanggal 24 s.d 29 Juni 2024, calon peserta didik baru kini tengah melakukan pemilihan sekolah dan pemilihan sekolah sekaligus pemilihan Kompetensi Keahlian untuk Jenjang SMK Negeri.

Sejalan dengan itu, Dinas Pendidikan Riau, melakukan tim verifikasi dan validasi di Satuan Pendidikan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen persyaratan yang sudah di upload calon peserta didik baru.

“Pelaksanaan secara keseluruhan kegiatan pendaftaran berjalan lancar tanpa kendala berarti meski memang ada masyarakat yang bertanya tentang kendala tertentu antara lain bagi yang memiliki Kartu keluarga di luar kota Pekanbaru,” kata Ketua Panitia Panpel PPDB SMA/SMK Negeri Riau 2024 Arden Simeru dalam keterangan kepada media pada Selasa, 25 Juni 2024 di Pekanbaru.

Keberadaan aduan masyarakat tersebut lanjut Arden, tidak lain untuk mendaftar sekolah di kota Pekanbaru, sehingga admin layanan pengaduan PPDB online untuk memberikan jawaban bahwa sesuai Juknis PPDB.

Sedangkan untuk yang memiliki KK yang berbeda dengan lokasi sekolah sebut Arden, hanya bisa melakukan pendaftaran pada jalur pindah orang tua dengan melampirkan dokumen surat keputusan pindah tugas orang tua.

“Kemudian untuk jalur Zonasi, Afirmasi dan Prestasi hanya di perbolehkan bagi yang memiliki Kartu Keluarga Kabupaten dan kota yang sama dengan alamat sekolah yang di pilih,” ujarnya.

Arden juga mengakui minat calon peserta didik baru untuk masuk ke sekolah negeri masih tinggi, hal itu dapat di lihat pada data yang masuk di sistem PPDB Online per tanggal 25 Juni 2024 sekira pukul 18.00 Wib.

Dimana hingga kini calon peserta didik yang sudah melakukan proses Pra Pendaftaran sebanyak 75.965 orang, sedangkan yang sudah melakukan pemilihan sekolah (Pendaftaran) sebanyak 67.855 orang dengan rincian 45.523 orang memilih jenjang SMA Negeri dan 22.332 orang memilih jenjang SMK Negeri.

“Sebanyak 41.888 orang sudah selesai di verifikasi dokumen Pendaftarannya, yang sedang dalam proses verifikasi sebanyak 7.960 orang dan yang belum di verifikasi sebanyak 17.973 orang,” beber Arden.

Terakhir, Arden mengimbau bagi calon peserta didik baru yang memiliki kesulitan dalam Pendaftaran, dapat menghubungi layanan Pengaduan PPDB Online di masing-masing website satuan pendidikan/sekolah atau layanan pengaduan di masing-masing Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Riau serta layanan Pengaduan PPDB Dinas Pendidikan Provinsi Riau.***

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours